Friday, 20 November 2015

resensi novel cinta di ujung sajadah tugas akhir

TUGAS AKHIR SEKOLAH
Bahasa indonesia
Resensi
Novel



Cinta di ujung sajadah
Nama kelompok    : muna ferdiana
                              : ulfa umaero
                              : sartika
                              : diana putri
                              : rosdiana dewi

Kelas                     : XII AP

SMK-1 AMAL MULIA KLAPANUNGGAL

KATA PENGANTAR

     Puji syukur kami ucapkan kehadirat allah SWT. Bahwa kami telah menyelesaikan tugas mata pelajaran bahasa indonesia dengan membuat resensi novel.

     Dalam penyusunan resensi novel ini, tidak ada sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan resensi novel ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang kami hadapi teratasi. Oleh karna itu kami mengucapkan terimah kasih kepada :

1.    Ibu Atinsih, S.Pdselaku guru bidang studi bahasa indonesia yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga kami termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
2.    Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini dapat di selesaikan dengan baik.

Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan khususnya bagi kami sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amin






Kata pengantar............................................................................................................................... i
Daftar isi........................................................................................................................................... ii-ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................................. 1
1.    Identitas buku dan sinopsis................................................................................... 1-2
1.1  Identitas buku.................................................................................................... 1
1.2  Sinopsis.............................................................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................................. 3
2.    Unsur intrinsik dan Unsur  Ekstrinsik.................................................................. 3
2.1  Unsur intrinsik................................................................................................... 3
2.1.1     Tema......................................................................................................... 3
2.1.2     Plot/Alur................................................................................................... 3
2.1.2.1        perkenalan.................................................................................. 3
2.1.2.2        Permasalahan............................................................................ 3-4
2.1.2.3        Klimaks........................................................................................ 4-5
2.1.2.4        Anti Klimaks................................................................................ 5-6
2.1.2.5        Penyelesaian.............................................................................. 6
2.1.3     Tokoh/Karakter....................................................................................... 7
2.1.2.1 Tokoh Utama.......................................................................................... 7-8
     2.1.2.2 Tokoh Tambahan............................................................................. 8-10
    2.1.2.3  Tokoh pembantu.............................................................................. 10
2.1.4 Sudut Pandang........................................................................................ 10-11
2.1.5 Gaya bahasa............................................................................................. 11
2.1.6 Amanat/pesan........................................................................................... 11
2.1.7 latar/setting................................................................................................ 11
2.1.7.1 Latar tempat............................................................................................ 11-14
     2.1.7.2 Latar waktu........................................................................................ 15
2.2  Unsur Ekstrinsik................................................................................................ 15
2.2.1     Nilai agama............................................................................................. 15
2.3  kelebihan dan kelemahan novel.................................................................... 15
2.3.1     Kelebihan................................................................................................ 15-16
2.3.2     Kelemahan.............................................................................................. 16
2.4  tanggapan peresensi terhadap novel............................................................ 16
2.5  manfaat novel terhadap peresensi................................................................ 16
BAB III PENUTUP.......................................................................................................................... 17
3.    Kesimpulan dan saran............................................................................................ 17
3.1  kesimpulan......................................................................................................... 17
3.2  saran.................................................................................................................... 17
Lampiran.......................................................................................................................................... 18-19
Daftar pustaka................................................................................................................................. 20





BAB I
PENDAHULUAN

1.    Indentitas buku dan sinopsis
1.1.        Identitas Buku

Judul Buku                         : Cinta di ujung sajadah
Nama Pengarang              : Asma Nadia
Nama Penerbit                   : Rebublika
                                                 Jl Warung buncit raya
                                                 No. 37 jakarta selatan
Telp                                       :(021)7803747


Kota penerbit                     : Jakarta selatan
Jumlah Halaman               : 292
Tahun terbit                        : Cetakan 1, Juli 2012
ISBN                                     : 978-602-7595-13-2


Sampul Buku                     :
·         Warna Dasar           : Oren, Putih, coklat, Kuning Dan biru
·         Corak gambar        : Seorang perempuan sedang berjalan di tepi pantai
·         Tulisan                     : “ cinta di ujung sajadah “ berwarna Hitam
·         Disudut kiri atas tertulis “ Republika “ dengan tulisan berwarna hitam
·         Di bawah tulisan cinta di ujung sajadah yang di tulis oleh Asma Nadia seorang wanita inspiratif tupperware shecan awards 2011
·         Secara tematik,


i.       
1.2. Sinopsis

            Cinta adalah seorang gadis piatu. Belasan tahun ia mencari tahu siapa ibunya? Namun ayah Cinta tak pernah mau mengatakan siapa ibunya? Dimana ibunya berada? Bahkan Cinta tidak tahu bagaimana wajah ibunya. Ayah Cinta telah menghapus semua jejak tentang ibunya.
Cinta semakin merasa tersisih. Sejak ayahnya menikah dengan Mama Alia, dan membawa dua saudara tiri. Tak pernah ia temukan surga di rumahnya. Sampai suatu hari hadir seorang laki-laki, Makky Matahari Muhammad. Lelaki yang humoris tapi santun itu mengenalkan sebuah dunia baru kepada Cinta. Membawakan setitik cerah di kehidupannya.
Hingga terbongkarlah rahasia besar selama belasan tahun. Mungkinkah ibunya masih hidup? Munginkah Cinta dapat membalaskan jutaan rindu yang terpatri di mata perinya itu?
Cinta harus menempuh perjalanan jauh untuk membalaskan rindu di matanya itu. Menelusuri jejak ibunya di setiap penjuru langit.  Ketika dihadapkan dengan jalan buntu, Cinta berjuang. Ia semakin mendekatkan dirinya kepada Allah. Mencari-cari sebuah jawaban dimanakah ibunya? Dalam sujud-sujudnya yang panjang.Menelusuri jejak surga yang dirindukan hingga tuntas saat senja di Madinah 



BAB II
PEMBAHASAN
2.    Unsur instrinsik

2.1.   Unsur Instrinsik

2.1.1     Tema

Seorang anak yang Mencari-cari sebuah jawaban dimana keberadaan ibu kandungnya

2.1.2     Alur

Alur dalam novel ini menggunakan alur maju diawali dengan perkenalan, permasalahan, klimaks, anti klimaks kemudian di akhiri dengan penyelesaian.

2.1.2.1. Perkenalan
           
“...Banyak yang bilang, cinta punya mata indah. Mata peri. Gadis yang penampilannya sportif itu juga di kenal memiliki hati yang baik. Jika peri-peri dalam dongeng itu benar adanya dan berhati sangat baik, maka cinta mewarisi sedikit setengah kebaikan mereka.
Sebagai remaja tentu saja cinta tak lepas dari sikap-sikap seperti umumnya gadis berusia enam belas tahun, kadang-kadang tingkah isengnya timbul, tapi sejauh ini rasanya tak perna sampai meyakiti orang lain”(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 11)

2.1.2.2. Permasalahan

“...Cinta harus tau semua  sesuatu  yang selama ini di pendam rapat dan di larang untuk di bicarakan. Rahasia yang tak sanggup lagi di pikulnya beban yang tersimpan selama 16 tahun. Ini terlalu berat di tanggung oleh seorang emban
Jika terkenang air mata yang jatuh dari wajah ayuningsih?pedih perasaannya. Lara hatinya. wajah tirus pucat dan basah, mengiba-iba, sebelum malam menelannya, merenggut perempuan itu dari semua yang di kasihi.
Mungkin lebih baik tidak dengan kata-kata, perempuan itupun memutuskan mengikuti naluri, hati mbok nah meletakan sesuatu kepangkuan cinta, gadis berusia 17 tahun itu nyaris memekik meyadari apa yang dilihatnya. Sebuah foto! Setelah begitu lama cinta bertanya-tanya seperti apa wajah ibunya, bagaimana bentuk alisnya, mata, hidung, bibir, dagu perempuan yang melahirkannya.
Mbok nah menyerahkan selembar amplop usang ketangan cinta dan Mbo nah merasa dirinya terbebas dari beban berat” (asma nadia cinta di ujung sajadah :156-158)

2.1.2.3. klimaks
“...Penjelasan Mbo nah semalam membuatnya tak sabar menunggu pagi datang. Gadis itu memang tidak memerlukan waktu lama untuk memutuskan apa yang harus dia lakukan. Sudah waktunya untuk terbang, sebab rindunya kini punya tujuan.
Kenapa ibu pergi?kenapa ibu tak perna menjenguk?apakah perempuan itu tak rindu seperti rindu sang anak padanya?
Begitu banyak pertanyaan yang membutukan jawaban.walau begitu cinta yakin pejalanannya ini lebih dari sekedar perburuan terhadap rasa penasaran dan ini tahu semata.
Rindu adalah alasan pertama dia pergi.meninggalkan rumah setelah bertengkar dengan papa
            “Kamu akan menyesal, Cinta. Untuk mengorek-ngorek sesuatu yang sudah lewat? Ibumu...,” papa menahan napas, berusaha meredam kemarahan yang menyala hebat.
Mereka berhadapan. laki-laki itu dan anaknya, dalam jarak yang kembali terentang. Asing. Pria berusia lima puluhan itu menatap wajah oval bermata bening, mengeluh dalam hati. Teringat luka berdarah yang berusaha keras dikuburnya dalam ingatan. Ia mencintai perempuan itu, sampai detik ini. Tapi lelaki itu besar dalam lingkungan keluarga dengan kehormatan dan harga diri yang harus dilindungi lebih dari segalanya. Tidak peduli besarnya harga yang harus dibayar.
            “Ibumu Cuma masa lalu!” sosok setengah baya itu menutup perdebatan dengan nada tegas.
Papa betul. Barangkali ibunya Cuma masa lalu. Tapi masa lalu tetap punya nilai, sebab cinta ada di dalamnya.
            “Cinta harus pergi, Pa!” tegas kalimat itu membuat papa melayangkan tinju ke tembo.(Asma nadia cinta di ujung sajadah :163-164)

2.1.2.4. Anti Klimaks
“...Langkah cinta dan teman-temannya berhenti di sebuah rumah sederhana yang sebagaian besar catnya sudah terkelupas.
Cinta meletakan bungkusan besar, hadiah untuk ibu di dekat pintu. Satu tangannya masi mendekap rangkaian bunga. Ragu-ragu cinta mengetuk pintu dan mengucapkan salam.
Semua menunggu. Berharap. Tapi hingga beberapa detik tidak ada jawaban, hening semua berpandangan penantian, meski singkat memang tak memberi perasaan nyaman, namun hingga berapa menit yang berlalu, tetap tidak ada yang terjadi, Ketika putus asa mulai terbayang di mata anak-anak muda itu, seorang perempuan dengan balutan kain batik berjalan dari kejauhan. Makky melompat dari posisinya, menghampiri
          “maaf, Bu...kami mencari ibu Ayuningsih”
Si ibu membuka topi capingnya, tampak seraut wajah kecoklatan terbakar matahari, setelah terbatuk-batuk sebentar, perempuan itu mendorong pintu rumah
          “tidak perna dikunci,” ujarnya tersenyum, “masuklah!”
Ibu tadi terbatuk-batuk kembali. Baru setelah agak tenang perempuan itu membuka percakapan.
          “ayuningsih sudah bercerita, bahwa suatu saat kalian mungkin akan datang. Kalau boleh tahu, siapa yang bernama cinta?”
“saya...,” gadis itu menelan ludah setelah berkali-kali sebelum melanjutkan,” saya ingin bertemu ibu.”
“ sebentar lagi, kamu bisa bertemu Ayuningsih.”(asma nadia cinta di ujung sajadah :256-259)

2.1.2.5. Penyelesaian
“...Cinta! “ Maafkan saya...,” perempuan itu menubruk cinta berjongkok dengan wajah pasi. Menyentuh pipi gadis itu lembut,
“maafkan saya...Cinta!”
          Cinta menggengam erat tangan yang menyentuh pipinya, dalam pertahanan diri yang kandas.
          Jadi...inilah akhirnya. Cinta menatap perempuan yang berjongkok di sisinya, Tak percaya. Ini lha muara dari semua perjalanan, pencariannya.
          “Ibu...,” cinta memanggil dengan rasa kehilangan yang sangat. Tangan tak berhenti mengusap-usap gundukan tanah tanpa nisan. Sementara air mata yang sejak tadi masih tertahan-tahan di pelupuk, kini meleleh.
          Ibu!!!
Cinta tersedu sedan, bahunya bergoncang. Tampak sangat terpukul, sementara perempuan tua di sampingnya memeluk gadis itu sepenuh perasaan.(asma nadia cinta di ujung sajadah :256)
                                         




2.1.2 tokoh/Karakter
2.1.3.1 Tokoh utama

Ø  Cinta
Karakternya : seorang gadis yang baik hati,sabar, tegar dan mempunyai sifat bagaikan seorang peri

“...ini seperti adegan film yang dulu di tontonnya waktu kecil cinderella dan mbo nah sebagai upik abu malang
Cinta tidak terpancing kalau menuruti hati, mau rasanya meninggalkan meja makan dan membantu Mbok nah. Hal yang pasti akan membuat anak-anak manja itu berkoar kian keras dan menuduhnya macam-macam persis sebelumya : jangan sok jadi putri salju!sok baik! Jangan ikut campur!.
Tapi kali ini cinta harus menahan diri, hari pertamanya di SMA tidak boleh rusak!.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 18)

Ø  Ayah cinta
Karakternya :seorang ayah yang mempunyai sifat pemarah,dingin dan tidak adil yang tak perna menunjukan perhatian kepada anaknya

“...sementara papa larut dalam koran pagi yang di bentangkan lebar hingga menutup wajah. Laki-laki itu seolah tidak terusik dengan kehebohan anak-anak gadis nya. Barangkali baginya, selama bukan cinta yang teriak-teriak dunia akan baik-baik saja.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 19)

Ø  Mbo Nah
Karakternya :baik , sabar  penyayang dan lemah lembut

“...Perempuan bertubuh gemuk yang suka memakai daster batik itu sudah lama di sana, hidup dan meyaksikan babak demi babak penderitaan non tersayangnya. Ia paham kesedihan yang di miliki cinta sebab semua tertangkap tak Cuma oleh mata, tapi juga hati.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 30)




Ø  Mama alia
Karakternya : Sombong,tinggi hati dan tidak adil hanya meyayangi anak kandung nya

“...sabar dikit kenapa, sayang?Mbok nah sudah tua. Lagian orang miskin kayak dia mana kenal merek-merek sepatu mahal?.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 19)

Ø  Cantik
Karakternya : Manja, suka menfitnah, keras kepala dan  susah melihat orang senang

“...Dia jelas-jelas ngumpetin tali pinggang cantik, Ma. Jangan dibela dong! Buktinya tali pinggangnya ketemu di kamar dia. Dasar anak nggak jelas ibunya!.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 31)


Ø  Anggun

Karakternya : pendendam, iri hati selalu ingin menang dan tidak perna mau mengkui kekalahan

“...Iri hati anggun rasanya sudah berkarat. Perasaan yang sejak dulu kerap membuatnya tak bisa tidur, anggun harus selalu memutar otak,mencari cara menimpakan kesalahan kepada cinta. Supaya wajah yang manis itu tak terus tersenyum.
Boleh jadi itu pula sebabnya anggun tak perna gemuk, terlilit iri dan dendam kesumat. Hasrat untuk selalu mengalakan cinta.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 58)

                        2.1.3.2 Tokoh tambahan
                                                           
Ø Makky

“...Makky, lima huruf itu yang tiba-tiba muncul dan memberikan warna baru dalam kehidupan rutin cinta. Barangkali seperti perasaan tinkerbell, tokohp peri dalam dongeng anak-anak saat peterpan hadir”(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 41)

Ø  Neta

“...Neta, sahabat baiknya yang berambut keriting ikut terdiam, namun beberapa saat kemudian dengan mata berbinar mengajukan usul yang tak perna di lupakan cinta, Anggap aja mamaku seperti mamamu cinta! Mau?,
Mereka memang teman akrab dari kelas satu”(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 24)

Ø  Sinyo
“...cinta tak menyangka, ternyata sinyo tak Cuma bandel, tapi berani memakai sebutan ‘dia’ untuk mamanya, rasanya tak sopan sekali”(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 25)

Ø  Peter
“...Tapi di biarknnya peter, cowok bermata sipit, yang suka diledek ‘Anak mami’ itu berkomentar. Pelukan mami lebih oke, tempat paling hangat ,paling.......,peter dengan mata mulai mengkristal kehilangan kata-kata”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :36)

Ø  Aisyah
“...Kayaknya pengamatanmu sudah sedetil itu, mustahil kalau nggak ada.....
Kalimat menggoda dari aisyah cepat dipotong cinta, sembarangan aja menyebarkan gosip!”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :45)

Ø  Iwan
“... “kalau masalah agama, insaallah saya akan menjawab jadi apa masalahnya cinta?”
Iwan langsung pasang sikap formal begitu bicara soal agaman”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :100)

Ø  Salsa
“...Salsa bahkan menyeret rumah barbienya. Yang terakhir mengundang omelan panjang pendek dari makky”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :48)

Ø  Mama neta

“...Tolong mama, cinta. Ambilkan plastik di laci bawah. Ya...itu cukup. Gadis berkuncir satu itu menyodorkan kantung plastik besar ke arah mama yang berjongkok di pintu kulkas dan sibuk mengeluarkan kue-kue”(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 75)

Ø  Mirna
“...Diluar dugaan, mirna melepas pelukannya, sikap gadis itu kembali dingin,ketika mulai berbicara,”bukan ibu yang memukuli, Cinta.tapi bapak”suara mirna geram”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :114)

Ø  Adji
“...Cinta mengeluarkan sebuah amplop lusuh dari saku, dan menyodorkan pada adji, adji membaca sesaat, wajahnya langsung kaget “wuiihh, ini daerah gawat yakin mau ke sini”(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 173)

Ø  Sahabat ayuningsih
“... “Ibumu juga rindu dan ingin sekali memelukmu, Cinta!” perempuan itu diam sesaat, wajahnya berlahan mengeras seperti tengah mengumpulkan kekuatan yang akan menentukan ke arah mana sejarah harus di lanjutkan”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :254)

                        2.1.3.3 Tokoh pembantu
Ø  Ummi aisyah
Ø  Mami peter
Ø  Emak
Ø  Tante rini
Ø  Ibu yayah
Ø  Lin



2.1.4 Sudut pandang

Pengarang berada di dalam cerita. Terdiri

“...cinta menatap wajah-wajah yang memancarkan sejuta kasih pada lembaran foto yang terserak di tempat tidur. Foto-foto yang diambilnya sendiri dengan kamera biasa. Ada gambar mamanya neta, yang sedang tersenyum ramah mencium neta diulang tahun yang kesembilan dulu.lalu foto mamanya reni, vita, tami, ivan. Juga foto ibu penjaga kantin yang sedang tersenyum lebar.(Asma nadia cinta di ujung sajadah :16)

2.1.5 Gaya bahasa

Gaya bahasa dipergunakan memakai gaya bahasa asosiasi atau perumpamaan adalah perbanding dua hal yang hakikatnya  berbeda, tetapi sengaja dianggap sama.

“...matanya indah bagaikan mata para peri”.(Asma nadia cinta di ujung sajadah : 11)

2.1.6 Amanat/pesan
Ø  Secara tersirat amanat yang di sampaikan dalam novel ini adalah surga itu di telapak kaki ibu dan ibu berhak menerimah bakti dan anak wajib menunaikan baktinya
Ø  Di balik ketegaran seorang anak dia tetap membutuhkan kasih sayang dari seseorang yaitu ‘ibu’
Ø  Kasih sayang ibu tak terhingga sepanjang masa


2.1.7 Latar/setting

           2.1.7.1 Latar tempat
                       Latar bertempat dibeberapa kota Bogor,jakarta, bandung dan jogja

Ø  Kamar
“...Suara musik dan lantunan lagu dari lantai bawa terdengar hingga kamar, walau dia sudah menutup pintu rapat-rapat”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :15)

Ø  Di teras rumah
“...Cinta duduk di teras, barusan ia ribut lagi dengan anak-anak tersayang mama padahal gara-garanya sepele”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :29)

Ø  Di depan rumah
“...Sore pulang sekolah, Cinta menyaksikan hal yang tidak biasa di depan rumah, sebuah truk barang yang besar terparkir di pinggir jalan”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :41)

Ø  Di depan kamar
“...di depan kamarnya terdengar siulan riang melintas, lalu celoteh anak kecil,pasti cinta dengan salsa”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :57)

Ø  Kamar gelap
“... “woi...jangan kelamaan rumput di bibirku mulai kering,lagian aku gag mau ajak kamu ke kamarku kok, tapi ke kamar gelap. Nggak mau?”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :91)

Ø  Lapangan basket
“...Neta nyengir, matany melirik ke arah cowok-cowok bermain basket di lapangan”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :102)

Ø  Kantin
“...Obrolan anak-anak di kanting beralih ke masalah lain, ke masalah mirna yang sudah lima hari tidak masuk sekolah”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :107)

Ø  Warung
“...lima anak SMA itu berhenti di warung, minum dan istirahat sebentar, aisyah kelihatan sangat haus, sampai memesann tiga botol minuman yang berbeda”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :110)

Ø  Rumah mirna
“...rumah mirna tidak terlalu besar, kalau tidak bisa di bilang kecil, kesan sederhana terlihat jelas ketika menapak masuk ke dalamnya”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :110)

Ø  Rumah makan sunda
“...Acara makan-makan di restoran berlangsung menyenangkan papa memilihkan rumah makan sunda terbaik yang ada di bogor”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :145)

Ø  Di atas lantai keramik
“...mereka duduk berhadapan cinta memilih duduk tak jauh dari Mbo nah, keduanya berhadapan di atas lantai keramik yang terasa lebih dingin dari biasa”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :153)

Ø  Kereta api
“...Kereta api bogor-jakarta express melaju cepat, secepat lamunan cinta yang belom beranjak, berulang kali gadis itu menciumi foto yang di tangannya”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :172)

Ø  Gerbong
“...Cinta ragu, Tapi adji sudah bangkit dan berjalan cepat menyusuri gerbong demi gerbong, tidak memberi waktunya untuk berpikir, meski mengambil jarak, cinta mengikuti langkah si hidung betet”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :174)

Ø  Bus
“...si hidung betet sudah melompat ke dalam bus Huh, gentle sekali! Sindir hati cinta, seraya bergegas mengejar kendaraan yang mulai bergerak”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :174)

Ø  Halte
“...cinta berdiri masygul, dideket adji melemparkan pantat ke tempat duduk di halte”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :177)

Ø  Perumahan kumuh
“...Gadis itu berjalan di belakang adji setenang mungkin, melintasi satu demi satu perumahan kumuh di samping rel”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :177)

Ø  Mushalla
“...mereka mampir di sebuah mushallah kecil untuk shalat”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :190)

Ø  Stasiun gambir
“...Cowok itu menepati janjinya untuk mengantarkan cinta ke stasiun gambir,Adji bahkan membantu cinta di anterian panjang untuk membeli tiket”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :190)

Ø  Rumah bu yayah
“...mereka hanya perlu waktu tiga puluh menit untuk tiba di rumah bu yayah, perempuan yang kemudian di ketahui cinta sudah memiliki lima orang anak”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :197)

Ø  Losmen
“...lamunan cinta usai! Pintu kamar losmennya di ketuk orang ternyata pelayan losmen yang membawakan dua lembar roti dengan selai dengan teh manis”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :214)

Ø  Rumah sederhana
“...Langkah cinta dan temen-temennya berhenti di sebuah rumah sederhana yang sebagian besar catnya sudah terkelupas”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :246)

Ø  Kuburan
“...cinta masi tak percaya, matanya menatap perempuan temen ayuningsih, lalu pusara di dekatnya, kuburan tanpa nisan dan si perempuan”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :256)

2.1.7.1 Latar waktu
Ø  Pagi
“...Hari pertamanya di SMA tidak boleh rusak! Gadis berkulit putih itu mengunyah sarapan paginya lebih cepat. Untuk sementara ia harus menutup mata dan telinga terhadap kesulitan Mbo nah”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :18)

Ø  Siang
“...Cinta menyipitkan matanya, menantang matahari yang bersinar garang, lalu membawa kaki panjangnya bangkit”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :110)

Ø  Sore
“...sore pulang sekolah, cinta menyaksikan hal yang tidak biasa di depan rumah. Sebuah truk barang yang besar terparkir di pinggir jalan. Beberapa lelaki tampak sibuk menurunkan dan memindahkan perabot”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :41)

Ø  Malam
“...tengah malam, saat terbangun, aisyah menemukan cinta sudah menghmparkan sajadah, sedang khusyu berdoa, wajah beningny dalam balutan mukena putih, menengadah”(Asma nadia cinta di ujung sajadah :242)

2.2     Unsur Ekstrinsik

2.2.1     Unsur agama
“...alhamdulilah, bagus juga pertanyaan mu, Nak!” tiga gadis yang bersahabat itu jadi manyun mendengar opening khutbah temen sekelas mereka, “ada tiga perkara, yang akan menolong orang yang sudah meninggal. Pertama; amal jariyah. Kedua; ilmu yang bermanfaat. Dan ketiga , ananda cinta yang baik...,”iwan menatap cinta dengan pandangan kebapakan, “ketiga anak yang salih atau salihat”(Asm nadi cinta di ujung sajadah:101)

2.3     kelebihan dan kelemahan
2.3.1     Kelebihan
Buku ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya yang saya garis bawahi isi dari novel ini mengajarkan arti “surga di bawa telapak kaki ibu” menarik sekaligus menjadi teladan bagi pembaca untuk selalu mendekatkan diri kepada tuhan.

2.3.2     Kelemahan
Kelemahan dari buku ini menurut saya terletak pada beberapa pemilihan kata-kata yang bahasanya tidak baku dan ceritanya berbolak-balik sehingga dapat memusingkan pembaca

2.4     tanggapan peresensi terhadap novel
“ setelah kami membaca dan memahami  isi novel yang berjudul “cinta di ujung sajadah” karangan dari “asma nadia” kami dapat tanggapan tentang isi dari novel ini ceritanya menarik karena memiliki banyak pesan-pesan yang sangat berguna untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk selalu menghormati orang tua,menambah kesabaran dan ketawakalan kita dengan tuhan untuk menjalani hidup ini”

2.5     manfaat novel terhadap peresensi
setelah membaca buku/novel ini kami mendapatkan banyak pengetahuan baru. Buku ini banyak memberikan inspirasi dan membuka mata untuk selalu renda hati mengajarkan untuk kita bersabar, tetap tegar dan tabah dalam menghadapi setiap masalah.



BAB III
PENUTUP
3.    Kesimpulan dan saran
3.1     Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari isi novel ini adalah sebagai berikut :
Ø  Cerita dari novel ini menarik dan memiliki pesan yang dapat menambah pengetahuan
Ø  Bahasa yang di gunakan sulit di mengerti tetapi di dalam novel ini sudah tercantum arti dari kata tersebut
Ø  Pengalaman berharga yang dapat kita ambil supaya kita menghormati orang tua

3.2     Saran
Semoga dapat membuat cerita-cerita yang lebih menarik dan lebih baik dengan kalimat-kalimat yang mudah di pahami dan di mengerti.



Lampiran

Asma Nadia
perempuan kelahiran Jakarta 26 Maret 1972 ini, dibantu Sitaresmi Sidharta, dan moderator milis lain, telah memberikan semangat kepada banyak perempuan untuk membaca, sehingga lahir Klub Buku AsmaNadia (KBA) di berbagai kota di tanah air, sebagai kegiatan alternatif yang cerdas, di mana setiap bulan anggota berkumpul dan berdiskusi tentang buku yang telah mereka baca.
Kiprah penulis yang masa kecilnya dihabiskan di rumah kontrakan sederhana di pinggir rel kereta api ini juga merambah ke dunia Internasional. Ia pernah diundang menghadiri acara kepenulisan  di Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Tahun 2006 ia menjadi satu dari dua sastrawan muda Indonesia yang diundang untuk tinggal oleh pemerintah Korea Selatan selama 6 bulan. Undangan yang sama diperolehnya dari Le Chateau de Lavigny (2009) untuk tinggal di  Switzerland.
Sebagai pembicara, Nadia pernah diundang untuk al. pada forum Seoul Young Writers Festival dan The 2nd Asia Literature Forum di Gwangju, serta memberikan workshop kepenulisan di berbagai pelosok tanah air, juga kepada pelajar Indonesia di Mesir, Switzerland, Inggris,
Jerman, Roma dan Vatican, serta buruh migran di Hongkong dan Malaysia.
Sekalipun tidak mempunyai gelar kesarjanaan, karena ketika kecil sakit-sakitan (jantung, paru-paru, gegar otak, tumor) ia telah berbicara di hadapan lebih banyak  audience
termasuk di berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, ITB, UNPAD, UGM, IPB, Unsyiah, Universitas Brawijaya, dan lain-lain.

Karir
Asma Nadia adalah  salah satu penulis best seller yang paling produktif di Indonesia. Dalam waktu 10 tahun ia telah menulis lebih dari 50 buku. Berbagai penghargaan nasional dan
regional di bidang kepenulisan juga telah diraihnya. Pengarang Terbaik Nasional penerima Adikarya Ikapi Award tahun 2000, 2001, dan 2005, peraih Penghargaan dari Majelis Sastra
Asia Tenggara (Mastera) tahun 2005,  Anugrah IBF Award sebagai novelis islami terbaik (2008), Peserta terbaik lokakarya perempuan penulis naskah drama yang diadakan FIB UI dan Dewan Kesenian Jakarta.
Melalui maling list pembacaasmanadia,  Nadia ikut memberdayakan pembacanya, yang sebagian besar perempuan (sesama istri dan ibu rumah tangga) serta generasi muda untuk terlibat dalam gerakan Indonesia Menulis! Hasil dari gerakan itu adalah lahirnya puluhan
antologi yang ditulisnya dengan pembaca dan diterbitkan berbagai penerbit.



DAFTAR PUSTAKA

Ø  Nadia, Asma, 2012, Cinta di ujung sajadah,Jakarta selatan :Republika
Ø  Mokhamad irman, dkk, 2008, Bahasa indonesia, Jakarta : Pusat perbukuan
Ø  Internet 2012 Sinopsis salah asuhan. http://www.anneahira.com

Ø  Diana dkk, 2012, Resensi bahasa indonesia, Klapanunggal-bogor :

2 comments:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa
    A great place to stay when 슬롯 꽁 머니 you have an excellent casino in Atlantic 올레 벳 City 크롬 번역기 is 브라 벗기 the Borgata 스포츠토토 Hotel Casino & Spa. Guests enjoy the comfy beds and luxurious  Rating: 3.8 · ‎1,821 votes

    ReplyDelete
  2. Top 10 Casinos Near Laurel in Laurel - Mapyro
    Find the 시흥 출장샵 best Casinos near Laurel 거제 출장샵 in 강원도 출장안마 Laurel, 전라북도 출장안마 MI. 서귀포 출장마사지 At the Laurel Casino Hotel, you'll find several casinos throughout the state,

    ReplyDelete